• 12

    Aug

    "40 Keajaiban Ramadhan" [1]

    Sambut Ramadhan dengan suka cita dan bahagia, tentunya gak lupa dengan persiapan yang matang. Nih ada tulisan dari Hidayatullah.com tentang keajaiban Ramadhan, semoga bermanfaat dan berguna untuk memantapkan niat kita dalam menyambut Ramadhan. Selama Ramadhan, Imam Syafii menghatamkan Al-Quran enam puluh kali, dua kali dalam semalam di dalam shalat. Inilah ‘rahasia 40 Keajaiban Ramadhan’ Selama Ramadhan, Allah memerintahkan seluruh penghuni surga berhias. Rasulullah Saw. bersabda:Adapun yang keempat, sesungguhnya Allah Azza wa Jalla memerintahkan surga-Nya, Ia berfirman: Bersiap-siaplah, dan hiasilah dirimu untuk para hamba-Ku, sehingga mereka bisa segera beristirahat dari kelelahan (hidup di) dunia menuju negeri-Ku dan kemulyaan-Ku [HR. Baihaqi]. Itulah sisi menarik keajai
  • 12

    Aug

    Ilmu Sosial bukan Anak Tiri

    Dr. Fahmi Amhar Masa keemasan peradaban Islam sering diindikasikan dengan berbagai kemajuan pada bidang ilmu-ilmu agama (ushuluddin, tafsir, hadits, fiqih dan tasawuf) dan ilmu-ilmu alam atau sains (astronomi, matematika, fisika, kimia, kedokteran dan sebagainya). Pertanyaan yang kemudian muncul, di mana posisi ilmu-ilmu sosial? Ilmu-ilmu sosial memang berbeda dengan sains maupun ilmu-ilmu agama. Sementara sains relatif netral dan ilmu-ilmu agama jelas bersumber dari Islam, maka ilmu-ilmu sosial sering tercampur aduk, antara kajian ilmiah dengan pandangan hidup. Ilmu sejarah atau sosiologi misalnya, sering hanya ditinjau dari sudut pemenang peradaban. Dalam dunia saat ini yang didominasi Barat, ilmu ini praktis memandang segala hal dari standar liberalisme. Demikian juga ilmu ekonomi. Be
  • 12

    Aug

    Industri Kapal Di Era Kekhalifahan Islam

    Kekuasaan peradaban Islam di masa keemasan terbentang begitu luas meliputi lautan dan daratan. Menguasai lautan merupakan salah satu faktor yang membuat Kekhalifahan Islam menjadi sebuah kekuatan baru dunia. Tak hanya soal perdagangan maritim, peradaban Muslim pun memiliki armada militer tangguh yang menguasai ganasnya lautan serta samudra. Salah satu bukti tangguhnya peradaban Islam di dunia maritim ataupun di bidang perdagangan dibuktikan dengan begitu banyaknya pelabuhan kecil di pinggir sungai-sungai besar dan di sepanjang pantai daerah teluk dan Laut Merah. Sedangkan, ketangguhan militer Muslim di lautan ditandai dengan berdirinya galangan kapal angkatan laut yang kokoh di sepanjang Mediterania. Tak heran, jika peradaban Muslim dikenal sebagai bangsa Maritim yang besar. Sebagai pengu
  • 12

    Aug

    Belajar Bahasa untuk Negara Adidaya

    Dr. Fahmi Amhar Apa yang ada di benak para pelajar kita ketika mereka wajib mempelajari bahasa asing di sekolah? Setelah matematika, Bahasa Inggris adalah pelajaran momok di sekolah-sekolah umum. Sebagian besar sekolah memberi pelajaran Bahasa Inggris di level SMP dan SMA atau total selama enam tahun. Sebagian lagi bahkan memberi pelajaran ini sejak kelas 1 SD. Hasilnya? Sekedar cukup untuk Ujian Nasional? Cukup untuk menebak makna di balik judul film atau lagu Barat? Untuk isinya nanti dulu. Kalau buat kerja, bahasa Inggris di sekolah tersebut juga jelas belum cukup. Bagaimana kalau untuk belajar ke luar negeri? Atau untuk jadi diplomat? Makanya TKI kita di luar negeri mayoritas hanya mendapat pekerjaan kasar yang murah, salah satunya karena keterbatasan bahasa. Itu baru untuk bahasa I
  • 11

    Aug

    Waspadai 9 Dampak Makanan dan Harta Haram

    Banyak kaum Muslim kurang paham bahwa Allah akan menolak doa orang yang di dalam tubuhnya masuk makanan haram Hidayatullah.com, “Mencari yang haram saja susah, apalagi mencari yang halal, “demikian ucapan sebagian orang, seolah-olah bisa melegalkan kita mendapatkan makanan yang haram. Tapi begitulah kondisi kehidupan duniawi saat ini. Banyak orang jungkir-balik bekerja dan mengumpulkan harta demi sesuap nasi, meski harus mengambil dan mendapatkan makanan haram yang sangat dilarang oleh agama. Padahal gara-gara makanan, doa kita bisa tidak diterima oleh Allah. Ibnu Abbas berkata bahwa Sa’ad bin Abi Waqash berkata kepada Nabi SAW, “Ya Rasulullah, doakanlah aku agar menjadi orang yang dikabulkan doa-doanya oleh Allah.” Apa jawaban Rasulullah SAW, “Waha
  • 23

    Jul

    Suara Hati Seorang Ikhwan

    Wanita Suci (Suara Hati Seorang Ikhwan untuk Seluruh Wanita Suci di Dunia) Wanita suci, Mungkin aku memang tak romantis tapi siapa peduli? Karena toh kau tak mengenalku dan memang tak perlu mengenalku. Bagiku kau bunga, tak mampu aku samakanmu dengan bunga terindah sekalipun. Bagiku manusia adalah makhluk yang terindah, tersempurna dan tertinggi. Bagiku dirimu salah satu dari semua itu, karenanya kau tak membutuhkanpersamaan. Wanita suci, Jangan pernah biarkan aku manatapmu penuh, karena akan membuatkumengingatmu. Berarti memenuhi kepalaku dengan inginkanmu. Berimbas pada tersusunnya gambarmu dalam tiap dinding khayalku. Membuatku inginkanmu sepenuh hati, seluruh jiwa, sesemangat mentari. Kasihanilah dirimu jika harus hadir dalam khayalku yang masih penuh Lumpur. Karena sesungguhnya dirimu
  • 14

    Jul

    Peringatan Bagi Kaum Wanita

    Abu Fathi Rabbani Imam ‘Ali bin Ab Thlib as berkata, “Suatu hari, aku dan Fthimah masuk ke (rumah) Rasulullah saw, lalu kami dapati beliau sedang menangis dengan tangisan yang keras. Aku bertanya kepadanya, ‘Y Raslallh, apa yang telah menyebabkan engkau menangis?’ Beliau berkata, ‘Wahai ‘Ali, pada malam aku di-isr-kan ke langit, aku lihat sejumlah wanita dari ummatku berada di dalam siksaan yang keras, aku ingkari keadaan mereka sampai aku menangis karena kerasnya siksaan yang mereka terima.’” Setelah Rasulullah saw menjelaskan macam-macam siksa yang diderita sebagian wanita dari kalangan ummatnya, putri beliau Fthimah Al-Zahr as berkata kepada ayahandanya, “Kekasihku dan penyejuk mataku, ceritakan kepadaku perbuatan dan perjalanan h
  • 5

    Jul

    Take Me Out

    Sobat, ngobrolin acara tivi emang ga ada abisnya.. Mulai dari acara yang bermanfaat, seperti berita, dokumenter, de el el, sampe acara hiburan yang istilah ndeso-nya infotainment (gubraks..) sarat dengan gaya hidup yang gak syari. Gak percaya? Baru-baru ini nih, ada sebuah acara hiburan yang disuguhkan oleh stasiun tivi swasta negeri ini. Apa itu? Yup, kalo kamu ngejawab Take me/him Out, nilai A deh buat kamu… Emang sih, kalo dilihat sepintas dan sekilas, apalagi kalau dilihat dari kedalaman seratus meter dibawah permukaan tanah (Lebay ah, itu mau lihat tivi atau mau cari minyak bumi sih..) Maksudnya, kalau acara ini Cuma dilihat sekilas tanpa pemahaman dan pandangan yang bener, (serieus mode: on), maka pada akhirnya, gak salah dong kalo ada yang bertanya, “Emang apa salahnya
  • 24

    Jun

    Facebook...??

    Ibarat sebuah virus, Facebook gak kalah dengan virus H1N1(flu babi). Soalnya nih, Facebook bener-bener telah menjangkiti hampir seluruh pengguna internet di dunia. . Facebook yang berbasis di Palo Alto, California, memiliki sejumlah besar pengguna di dunia Arab diantaranya Mesir yang dilanggani 900 ribu pengguna (Republika.com, 14 Maret 2009). Sedangkan di Indonesia sendiri, pengguna Facebook sebanyak 1.964.580 (inilah.com, 14/03/2009) Facebook yang diluncurkan pertamakali lima tahun lalu dengan dilengkapi versi layanan dalam Bahasa Prancis, Spanyol dan Jerman yang kini tersedia dalam 40 bahasa. Bahkan para perancang teknis perusahaan ini tengah bekerja untuk menambah 60 bahasa lagi dalam daftar layanannya. Dan baru-baru ini Facebook berencana meluncurkan versi bahasa Arab dan bahasa Ibra
  • 11

    May

    Pemilu, Besar Pasak daripada Tiang

    Pemilu. Yup, pemilihan umum ato yang kerennya disebut Pemilu. Merupakan ajang bergengsi 5 tahunan negeri ini. Ibarat Piala Dunia ato World Cup yang diadakan 4 tahun sekali, guna mencari negara jawara sepak bola dunia. Maka dalam Pemilu, diadakan untuk mencari para wakil rakyat setingkat Bupati/ Walikota sampe Presiden. Nah, Pemilu yang sering juga disebut Pesta Demokrasi. Maka layaknya sebuah pesta, memerlukan dana yang sangat besar. Inilah yang nantinya menghubungkan antara Pemilu dengan Pepatah di atas. Pemilu yang merupakan Pesta Demokrasi di negeri ini. Ternyata eh ternyata, membutuhkan dana yang nggak sedikit ato bisa dikatakan sangat besar. Kalo dipikr-pikir sih emang wajar, coz negara kita merupakan negara kepulauan. Pastinya perlu dana yang sangat besar untuk produksi kertas suara,

Author

Follow Me